Cara Eksternal dan Internal Link Untuk SEO

By | 7 Oktober 2019

Internal link mempunyai pengaruh yang sama pada eksternal link lho. Kedua-duanya punya fungsi yang sama untuk meningkatkan traffic pengunjung website dengan cepat. Eksternal link dan internal link yang sangat fungsionalis sekali utuk membuilt website menjadi kaya akan visitor.

Mengenal Internal Link: Pengertian dan Konsepnya

Pengertian internal link sebagaimana sering didefinisikan yaitu (link) yang mengarah pada satu halaman ke halaman lainnya melalui website yang sama. Link yang dipasangkan tentu saja dari website yang bersangkutan. Konsep internal link sebetulnya hampir sama dengan related pos. Kedua-duanya mengarahkan netter untuk mengunjungi artikel yang disubmitkan lewat internal link. Penggunaan internal link sangat biasa di temukan dalam berbagai platform website. Baik situs berita, pemerintahan, edukasi, hingga toko online kerap menggunakan internal link di dalamnya.

Apa Sih Tujuan Digunakanya Internal Link?

Penggunaan internal link tentu saja ada alasannya dong ya. Setidaknya ada beberapa tujuan digunakannya internal link. Berikut tujuan dari internal link:

  • Mendistribusikan otoritas halaman yang satu ke halaman yang lainnya.
  • Memudahkan navigasi pengunjung tanpa ribet.
  • Membentuk setruktur website.
  • Meningkatkan domain otoriti.
  • Meningkatkan peringkat Alexa Rank.

Adanya backlink yang digunakan itulah mengapa pada website biasanya berada di halaman utama mesin pencarian Google. Itu terjadi jika website tersebut dibangun dengan kualitas backlink yang kuat.

Hal – hal yang Gak Boleh Dilakukan Dalam Pemasangan Internal Link?

Dalam pemasangan internal link ada hal-hal yang gak boleh dilakukan. Kalau hal-hal itu dilakukan maka akan merusak domain authoriti dari website tersebut. Berikut ini hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

  • Jangan sampai memasang internal link di bagian header. Kalau internal link dipasang pada header maka membuat terlalu banyak jumlah kata mendahului konten utama. Hal ini sangat tidak efisien untuk dilakukan.
  • Disarankan agar menghindari pemakaian noffolow untuk internal link manapun.

Mengenal Eksternal Link: Pengertian dan Konsepnya.

Pengertian eksternal link sebagaimana sering didefinisikan yaitu link di luar website yang mengarah kepada website yang ditunjuk. Eksternal link mensyaratkan ada dua website yang berbeda. Salah satu website mempublish link yang mengarah ke website lainnya. Konsep eksternal link sebetulnya hampir sama dengan guest post yaitu adanya upaya mempromosikan website orang lain melalui website lain.

Lalu Apa Sih Tujuan Dari Digunakannya Eksternal Link

Eksternal link tentu saja punya sejumlah tujuan menarik untuk menggaet bayak visitor. Berikut setidaknya ada beberapa tujuan digunakannya eksternal link:

  • Eksternal link memberikan lebih banyak poin ke halaman yang dituju. Eksternal link lebih efektif menggaet banyak visitor. Hal ini disebabkan karena algoritma Google beranggapan apa kata orang tentang website Anda akan lebih dipercaya oleh algoritma Google daripada menuliskan website sendiri.
  • Eksternal link bertujuan untuk meningkatkan domain authority pada webiste. Semakin banyak eksternal link yang dipasang, maka semakin besar pula domain auhority dari website tersebut.

Hal-hal yang Sebaiknya Dilakukan Saat Pemasangan Eksternal Link

Cara eksternal dan internal link berikutnya yaitu sebaiknya kalian memasang eksternal link pada situs yang similar, atau secara nice mengusung tema yang sama. Jika website milik kalian memuat konten berita, maka akan sangat efektif sekali jika eksternal link dipasangkan pada website berita juga.

Demikian jika website milik kalian mengangkat nice teknologi, maka akan sangat efektif pula jika eksternal link-nya dipasangkan pada website lain yang sama-sama mengusung tema teknologi. Nah itulah cara eksternal dan internal link yang perlu kalian ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *