Tips Cara Agar Website Mobile Friendly SEO

By | 7 Oktober 2019

Website yang mobile friendly merupakan salah satu indikator website yang bagus. Semakin friendly website tersebut pada desainnya, maka semakin mahal pula harga website-nya. Tren yang berkembang sekarang pada dunia digital adanya peningkatan yang signifikan dari penggunaan smartphone.

Statistik menyebutkan akses smartphone ke situs website sebanyak 47,6 persen. Pada PC sekitar 63,1 persen. Statistik yang demikian menunjukan bahwa pengguna smartphone cukup dominan dalam mengakses website.

Dengan kondisi yang demikian, membuat website yang mendukung mobile friendly jadi kewajiban. Sebuah website harus bisa diakses melalui smartphone sekaligus bisa diakses melalui PC. Lalu bagaimana cara agar website mobile friendly yang bisa dilakukan. Berikut beberapa langkah agar website mobile friendly:

Gunakanlah Template yang Responsive

Agar website mendukung mobile friendly maka template yang digunakan harus template responsive. Maksud template responsive di sini yang bisa diakses dengan cepat. Saat smartphone dan PC membuka sebuah website, website yang mendukung template responsive hanya diakses dalam hitungan detik saja.

Gunakanlah Font dan Ukuran Tombol yang Sesuai

Font yang sesuai dengan template website yang diterapkan maka akan membuat website tersebut semakin responsive. Ukuran font pada template website harus pas: tidak boleh terlalu besar juga tidak boleh terlalu kecil.

Pastikan juga ukuran tombol website juga sesuai. Tombol-tombol website yang sesuai akan membuat website tersebut semakin responsive.

Bekerja Dengan Bootstrap

Jika kalian ingin membuat website yang mobile friendly maka bisa gunakan bootsrap. Sebelum mengaplikasikan bootstrap kalian harus mengerti resolusi template pada sebuah website. Berikut resolusi pada website:

  • Handphone ( 320px – 767px)
  • Tablet (768px – 991px)
  • Moniton VGA ( 992px-1199px)
  • Monitor HD (1200px)

Setelah melihat beberapa resolusi template website dalam berbagai perangkat maka selanjutnya harus memahami dulu elemen-elemen HTML website. Berikut kode HTML-nya.

  • Monitor HD. Pakainya class ‘col-lg-1‘ s/d ‘col-lg-12
  • Monitor. Pakainya class ‘col-md-1‘ s/d ‘col-md-12
  • Tablet. Pakainya class ‘col-sm-1‘ s/d ‘col-sm-12
  • Handphone. Pakainya class ‘col-xs-1‘ s/d ‘col-xs-12

Jangan Gunakan Gambar yang Terlalu Banyak

Tips berikutnya yang bisa dilakukan agar website mobile friendly yaitu jangan pernah memakai gambar yang terlalu banyak. Gambar-gambar yang terlalu banyak akan memberatkan website itu sendiri.

Gunakan Subdomain M. Dot (Mobile Eksistensi)

Tips agar website lebih mobile friendly berikutnya yaitu dengan menggunakan sub domain. Gunakanlah saja sub domain m.dot.com sehingga lebih cepat saat diakses. Tidak dipungkiri bahwa penggunaan m dot com cukup efektif dalam membuat website lebih mobile friendly. Contohnya pada m dot Facebook misalnya, ketika kita menambahkan eksistensi m dot com akan lebih cepat dilakukan.

Hapus Widget yang Tidak Penting

Saat kita membangun sebuah website, sering kali ditemukan ada widget yang tidak terlalu penting dipasangkan pada web. Jika dirasa widget itu hanya pajangan saja, tidak terlalu digunakan, mending hapus saja.

Widget dalam jumlah banyak akan membuat website tersebut berat untuk diakses. Makannya mending gunakan widget yang pentig saja.

Gunakan Navigasi yang Simpel

Salah satu penyebab mengapa website tidak responsive yaitu karena navigasi yang dibangun terlalu kompleks. Navigasi yang dibuat terlalu ribet akan membuat website tersebut berat untuk diakses.

Makannya sangat disarankan menggunakan navigasi website yang simpel saja agar mobile friendly. Ketika navigasi dibuat simpel biasanya akan menanjakan skor mobile friendly pada website tersebut. Nah itulah cara agar website mobile friendly yang bisa dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *